International Jurnal  dan A World Class University

Amirul Mukminin, PhD. Dosen FKIP dan Fulbright Scholar

 Hasil karya dosen kita yang dibuat tidak akan bermanfaat jika tidak ada yang tahu atau tidak dipublikasikan. Begitu juga dengan skripsi , tesis, dan disertasi yang hanya menumpuk di rak-rak perpustakaan. Disamping itu, jumlah publikasi internasional suatu negara juga menunjukkan daya saing negara tersebut dalam bidang riset.

Mempublikasikan hasil karya dosen kita di jurnal-jurnal international yang sangat banyak tersedia sudah seharusnya menjadi satu kegiatan akademik yang rutin dan harusnya juga menjadi sebuah kebutuhan apalagi Rektor Universitas Jambi sangat ingin menjadikan Universitas Jambi menuju a world class university. Namun, mempublikasikan hasil karya dosen kita di jurnal-jurnal international tidaklah mudah karena banyak sekali kendala yang akan dihadapi antara lain kendala bahasa, sistimatika penulisan yang berbeda, serta kesahihan karya ilmiah yang jauh dari plagiarism.

Kendala bahasa adalah hal pertama yang sangat mengganjal keinginan dosen untuk mempublikasikan hasil penelitiannya di jurnal international. Namun, hal ini bisa diatasi dengan menggandeng para dosen bahasa Inggris untuk membantu dari sisi bahasa. Di FKIP Universitas Jambi, Dekan baru juga sudah menjadikan “kendala bahasa” sebagai salah satu program kerjanya. Dan semoga ini akan sangat membantu

Selain itu, perlu kehati-hatian ketika ingin mempublikasikan hasil penelitian di jurnal-jurnal international karena banyak sekali jurnal-jurnal yang proses “peer review-nya” asal saja dan biasanya meminta bayaran sampai ratusan dolar dan sudah diingatkan juga oleh DIKTI. Namun juga tidak sedikit jurnal yang memang murni mengabdikan diri untuk memajukan dunia pendidikan, misalnya jurnal “Excellence in Higher Education” yang diluncurkan di Pittsburgh University, USA dan didanai oleh USAID dan bekerjasama dengan 12 universitas di Indonesia serta diakui oleh DIKTI. Banyak penulis-penulis dari Indonesia yang menulis di jurnal tersebut. Juga ada beberapa penulis dari Universitas Jambi. 

Jurnal internasional yang dipilih harus disesuaikan dengan penelitian yang kita lakukan dan bukan jurnal abal-abal seperti jurnal inul”. Pilih juga jurnal  setidaknya terindeks di Scopus, American Educational Research Association Special Interest Group (AERA SIG communication of Research), ASOS Academia Social Sciences Index, Directory of Open Access Journals (DOAJ), Education Research Complete (EBSCO),Education Sources (EBSCO), Google Scholar Search, Index Copernicus (IC), Electronic Journals and Newsletters (New Jour), Open J-Gate, and Ulrich’s Periodical Directory. Pilih juga jurnal yang ada impact factor-nya. Impact factor adalah mekanisme penghitungan jumlah rata-rata sebuah artikel di suatu jurnal dicite atau dikutip oleh artikel lainnya. Semakin tinggi nilai impact factor, maka semakin tinggi kualitas jurnalnya.

Semoga mempublikasikan hasil karya dosen kita di jurnal-jurnal international akan menjadi sebuah kebutuhan dan seandainya satu dosen FKIP mempublikasikan satu karya tulisanya di jurnal international satu semester, maka bisa dibayangkan berapa banyak tulisan –tulisan dosen kita melanglang buana di jagat raya dan ini akan semakin memudahkan kita membantu Universitas Jambi menuju a World Class University.