Kamis, 15 November 2018 Seminar Nasional III Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Jambi (Unja) yang dilaksanakan di Hotel Golden Harvest Jambi ini dibuka secara resmi oleh Dekan FKIP Prof. Dr.rer.nat. Asrial., M.si dan Wakil Dekan FKIP Bidang Akademik Drs. H. Syahrial, M.Ed., Ph.D, dihadiri oleh Narasumber dari Dosen Universitas Pendidikan Indonesia Dr.rer.nat. Ahmad Muzakir, M.Si dan Dosen Universitas Jambi Prof. Dr..M. Rusdi, M.Sc. dan Ketua Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Dr. Drs. Harizon, M.Si, Dengan tema “Keragaman topik penelitian berdasarkan domain pembelajaran”.

Prof. Dr. M. Rusdi, M.Sc  menyampaikan cara memilah topik dalam penelitian. Serta dosen dari Universitas Pendidikan Indonesia yaitu Dr. rer. nat. Ahmad Mudzakir, M. Si. menyampaikan model penelitian dalam bidang saintifik.

Dr. rer. nat. Ahmad Mudzakir, M. Si. memaparkan topik pembicaraan mengenai penelitian saintifik yang dapat digunakan pada bidang biologi, fisika, dan kimia. Sedangkan untuk prodi non eksakta dapat menerapkan nya dengan menggunakan metodenya saja yang bersifat umum. Ia juga menambahkan untuk mendapatkan penelitian yang baik harus ada subjek atau orang yang kompeten di bidang tersebut untuk memajukan artikel.

Prof. Dr. M. Rusdi, M.Sc mengungkapkan topik yang dapat dipilih untuk menjadi bagaimana memilih objek penelitian dari proses pembelajaran,seperti mempelajari tentang konsep belajar,  melihat dari sisi taksonomi pendidikan, media pembelajaran ,sistem pembelajaran, saintifik belajar, dan instrumen penilaian.Ia juga menambahkan untuk era revolusi industri 4.0 saat ini belum banyak yang meneliti ke arah sana, tetapi masih terus diarahkan .Sejauh ini penelitian berjalan dengan baik dan tidak ada hambatan,