Muaro Jambi- Mahasiswa Pendidikan Fisika (IMAPEFSI) FKIP Universitas Jambi, membuat Miniatur Rumah berbasis Sensor Suara dengan menggunakan Arduino Uno berbasis Android dan Sensor Jarak menggunakan Arduino Nano Berbasis Android. Produk ini merupakan proyek mata kuliah Elektronika Digital semester IV, Sabtu (20/7/2019).

Fikri selaku Mahasiswa  yang membuat Sensor Suara mengatakan komponen yang terpenting dalam pembuatan produk ini adalah Arduino Uno, Modul Bluetooth, LED, dan Saklar. Hal ini diterapkan menggunakan Via Android di Miniatur Rumah.

“Bahan yang digunakan untuk Sensor Suara itu ada Arduino Uno yang terpenting, Bluetooth, LED, Saklar”,ungkapnya

Ia mengatakan ide tersebut didapat dari pengguna Rumah berbasis Android di beberapa Negara Maju. Biaya pembuatan produk ini tidak terlalu mahal, hanya membutuhkan Arduino Uno sekitar Rp 50.000, Modul Bluetooth Rp 30.000. Jadi, keseluruhan kurang lebih Rp 200.000, termasuk Miniatur Rumah.

Arif Nurahman yang membuat Sensor Jarak menggunakan Arduino Nano berbasis Android mengatakan seperti visi-misi UNJA menjadi The World Class Entrepreneurships University. Artinya mahasiswa dituntut untuk belajar mengembangkan keterampilan yang memiliki nilai jual. Serta di waktu dekat produk ini akan dipamerankan sebagai karya inovasi mahasiswa IMAPEFSI pada kegiatan penyambutan Mahasiswa Baru tahun 2019.

“Selain untuk tugas mata kuliah Elektro Digital, karya ini akan dijadikan pameran dalam acara penyambutan Mahasiswa Baru, dan Workshop. serta perkembangannya akan memiliki nilai jual nantinya”, pungkasnya

Reporter: Alwandi Yanta Krisna

Redaktur: Alma Tiara