• Universitas Jambi
  • 07.00 WIB - 16.00 WIB
  • Call Us Now
    0741-583453

  • Send Us Mail
    fkip@unja.ac.id

Unit Sumber Belajar

PUSTAKA & LABOR KOMPUTER FKIP

Unit Sumber Belajar

LATAR BELAKANG

Sumber belajar adalah semua sumber yang dapat dipakai oleh peserta belajar, baik secara individual maupun kelompok untuk memudahkan terjadinya proses belajar. Definisi lain, pengertian sumber belajar pada dasarnya merupakan suatu daya yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan proses belajar mengajar, baik langsung ataupun tidak, baik sebagian ataupun keseluruhan. Beragamnya jenis sumber belajar, menuntut adanya pengelolaan dan pengorganisasian terhadap sumber belajar tersebut. Hal ini bertujuan agar sumber belajar mudah untuk diakses dan juga dimanfaatkan oleh pihak yang berkepentingan. Oleh karena itu dibentuklah pusat sumber belajar. Berbagai jenis sumber dikembangkan, dikelola dan dimanfaatkan untuk membantu meningkatkan efektivitas dan efesiensi dalam kegiatan pembelajaran. Pusat sumber belajar merupakan suatu aktivitas yang terorganisasi yang berhubungan dengan kurikulum pembelajaran pada suatu satuan pendidikan. Pusat sumber belajar dirancang untuk memberikan kemudahan kepada peserta didik baik secara individu maupun kelompok atau guru untuk memanfaatkan sumber belajar yang tersedia. Dengan demikian, kebutuhan akan sumber belajar dalam proses pembelajaran bisa terpenuhi dengan adanya pusat sumber belajar. Pembentukan pusat sumber belajar juga didasari oleh pentingnya sebuah lingkungan dalam mendukung proses belajar mahasiswa.

Tidak dapat dipungkiri bahwa salah satu faktor pendukung mahasiswa dalam belajar dalah kondisi lingkungan yang nyaman. Dengan adanya pusat sumber belajar, mahasiswa bisa diorientasikan untuk melakukan proses belajar ditempat tersebut. Dengan demikian, pusat sumber belajar yang sudah diatur sedemikian rupa agar memberikan kenyamanan pada penggunanya, dapat membantu mahasiswa dalam proses belajar. Pengembangan sistem pembelajaran menuntut peningkatan efektivitas kegiatan belajar mengajar dengan memberikan penekanan pada aktivitas mahasiswa dimana kegiatan belajar di kelas dan pusat sumber belajar merupakan rangkaian kegiatan yang terpadu.

Sumber Belajar

     Peran Perpustakaan

Perpustakaan merupakan upaya untuk memelihara dan meningkatkan efisiensi dan efektifitas proses belajar-mengajar. Perpustakaan yang terorganisir secara baik dan sisitematis, secara langsung atau pun tidak langsung dapat memberikan kemudahan bagi proses belajar mengajar di sekolah/Universitas tempat perpustakaan tersebut berada. Hal ini, terkait dengan kemajuan bidang pendidikan dan dengan adanya perbaikan metode belajar-mengajar yang dirasakan tidak bisa dipisahkan dari masalah penyediaan fasilitas dan sarana pendidikan.

 

     Tujuan perpustakaan

Tujuan perpustakaan adalah untuk membantu masyarakat dalam segala umur dengan memberikan kesempatan dengan dorongan melelui jasa pelayanan perpustakaan agar mereka:

      ·         Dapat mendidik dirinya sendiri secara berkesimbungan.

      ·         Dapat tanggap dalam kemajuan pada berbagai lapangan ilmu pengetahuan, kehidupan sosial dan politik.

      ·         Dapat memelihara kemerdekaan berfikir yang konstruktif untuk menjadi anggota keluarga dan masyarakat yang lebih baik.

      ·         Dapat mengembangkan kemampuan berfikir kreatif, membina rohani dan dapat menggunakan kemampuannya untuk dapat menghargai hasil seni dan budaya manusia.

      ·         Dapat meningkatkan tarap kehidupan sehari-hari dan lapangan pekerjaannya.

      ·         Dapat menjadi warga negara yang baik dan dapat berpartisipasi secara aktif dalam pembangunan nasional dan dalam membina saling pengertian antar bangsa.

      ·         Dapat menggunakan waktu senggang dengan baik yang bermanfaat bagi kehidupan pribadi dan sosial.

Yanto, S.Pd.,M.Sc
Ketua Sumber Belajar
NOVFERMA, S.Pd., M.Pd
Sekretaris Unit Sumber Belajar
YAYUK UTAMININGSIH, S.Pd., M.Pd.
Pengelola Pustaka
RANISA JUNITA, S.Pd., M.Pd.
Pengelola Labor Komputer
TRI SYUKRIA PUTRA,, S.T
Pengelola Pustaka
KHAIRUL ANWAR, S.Pd, M.Pd
Pengelola Labor Komputer
ANGGISH ZORAYYA SIREGAR, S.H
Pengelola Pustaka
ADE KUMALA SARI, S.Pd., M.Pd.
Pengelola Labor Komputer