ISO-9001

Halaman

Who's Online

We have 31 guests and no members online

Kalender

kalender

Weblink Dosen

weblink

24 June 2015

Sejarah Fakultas Ilmu Pendidikan dan Keguruan Universitas Jambi

Written by Prilia Ardisa
Hits: 1509

Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi

Bila di tengok kemasa lalu, masa pendirian FKIP sebenarnya rintisan untuk mendirikan FKIP telah dimulai sejak lama. Ketika gubernur Jambi dijabat oleh Bapak R.M. Nur Atmadibrata (alm) yang juga sebagai ketua Presedium Unja pada tahun 1974, usaha pendirian FKIP telah dirintis dengan mengusulkan kepada menteri P & K agar IKIP jambi (sekarang FKIP UNBARI) diintegrasikan ke dalam UNJA, tapi usul tersebut tidak dikabulkan.

Ketika Bapak Djamaluddin Tambunan, SH menjabat Gubernur Jambi dan Ketua Presedium UNJA pada tahun 1974 usul tersebut diajukan kembali tapi luka lama berdarah kembali, usul tersebut tetap tidak terkabul.

Nampaknya pemerintahan kurang setuju untuk mengintegrasikan IKIP Jambi menjadi fakultas pada UNJA. Namun Rektor UNJA terus memperjuangkan agar UNJA memiliki Fakultas Keguruan. Tahun 1979 Rektor Unja kembali mengajukan usul untuk membuka FKIP sebagai fakultas ke lima. Usul itu menggugah Dirjen Dikti untuk menugaskan Tim Konsorsium Ilmu Pendidikan meneliti kelayakan dan ternyata usul tersebut dianggap cukup beralasan oleh Tim Konsorsium tersebut.

Angin segar ini segera disambut oleh Unja dengan membentuk Tim Persiapan Pembukaan FKIP Unja agar segala sesuatu yang berhubungan dengan pembukaan FKIP dapat diselesaikan. Disaat tim ini tengah melakukan kerjanya, Dirjen Dikti memberi kesempatan kepada Unja untuk menjadi LPTK berdasarkan Surat Keputusan Dirjen Dikti Nomor 028/PJ/Kep/1980 tanggal 3 Juli 1980 untuk menyelenggarakan program Diploma I/ Akta I kependidikan bidang studi Bahasa Indonesia dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Namun atas permintaan Kakanwil Depdikbud Provinsi Jambi bidang studi tersebut dilengkapi dengan 3 bidang studi tambahan yaitu IPS, PMP dan Matematika, sehingga pada tahun 1980/1981 LPTK Unja menyelenggarakan program studi Diploma I/Akta I untuk lima macam bidang studi (Bahasa Indonesia, IPA, IPS, PMP, dan Matematika)

Kepercayaan Dikti untuk menunjuk Unja menjadi LPTK dengan membuka Program studi Diploma I ini menjadi cikal-bakal berdirinya FKIP. Dua tahun kemudian tahun 1982, LPTK Unja dipercaya membuka Program Diploma II/Akta II untuk bidang studi Bahasa Indonesia dan Matematika disamping tetap membuka program diploma I/Akta I seperti semula.

Karena Unja telah memiliki LPTK maka dalam keputusan Presiden RI Nomor 41 tahun 1982 tanggal 7 september 1982 tentang susunan organisasi Universitas Negeri (Termasuk Unja), maka usul pembukaan FKIP telah diterima, karena ternyata dalam susunan organisasi UNJA telah tercantum FKIP sebagai fakultas ke lima di lingkungan UNJA. Sehingga dengan demikian SK Presiden tersebut menjadi dasar yuridis pendirian FKIP Unja dan tanggal tersebut dijadikan bersejarah bagi FKIP Unja, sampai kini tanggal 7 september setiap tahun kita peringati sebagai hari jadi FKIP Unja.

Bersamaan dengan adanya pengakuan akan eksistensi FKIP Unja secara formal dalam SK Presiden nomor 41 tahun 1982 tersebut maka, diperlukan mengangkat Dekan bagi FKIP. Karena pada masa itu baru diselenggarakan program Diploma sedangkan kebutuhan akan tenaga kependidikan menuntut kualifikasi yang lebih tinggi, maka mulailah diperjuangkan program studi setingkat sarjana (S1). Perjuangan ini berhasil dengan disetujuinya oleh Mendikbud RI pembukaan S1 melalui Surat Keputusan Mendikbud RI nomer 0540/0/1983 tanggal 8 desember 1983. Sehingga sejak tahun ajaran 1984/1985 mulailah FKIP menyelenggarakan program S1 disamping masih tetap mempertahankan pembukaan program diploma, Program S1 yang dibuka tersebut terdiri dari empat jurusan dengan empat program studi, yaitu:

  1. Jurusan Ilmu Pendidikan dengan program studi Bimbingan Konseling.
  2. Jurusan Ilmu Pendidikan Sosial dengan program studi Koperasi.
  3. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni dengan program studi Bahasa Indonesia.
  4. Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam dengan program studi Pendidikan Kimia.

Pada tahun berikutnya, 1984/1985 pada LPTK tetap dipertahankan pembukaan program Diploma seperti tahun sebelumnya, namun ditambah dengan program Diploma III (D.3) untuk bidang studi Matematika dan Bahasa Indonesia. Namun tahun 1985/1986 Diploma I ditiadakan dan tahun 1987 kebijaksanaan tentang lembaga kependidikan dan tenaga kependidikan khususnya untuk jurusan Ilmu Pendidikan, menyebabkan program studi Bimbingan Konseling tidak menerima mahasiswa baru lagi terkena passing out. Tugas Jurusan Ilmu pendidikan sekarang dialihkan untuk mengelola PGSD yang tahun ajaran 1991 ini sudah menerima mahasiswa baru.

Perjalanan FKIP tidaklah berlangsung mulus, ada banyak permasalahan-permasalahan yang muncul dan beraneka ragam. Kekurangan tenaga pengajar menjadi masalah utama dan hal ini dipersulit lagi dengan terbatasnya sarana belajar. Kekurangan tenaga pengajar sangat terasa karena pada tahun 1984 untuk empat program studi itu hanya tersedia sekitar 17 orang tenaga pengajar tetap. Mencari tenaga pengajar yang cocok dengan bidang studi yang diselenggarakan juga sulit, karena masih langkanya Sarjan di Jambi pada waktu itu. Sehingga FKIP terpaksa merekrut tenaga pengajar luar biasa dari fakultas lain serta berbagai instansi terutama dari berbagai sekolah menengah yang ada di Kota Jambi. Sedangkan untuk mengatasi ruangan dan sarana belajar yang terbatas, terpaksa jadwal kuliah diselenggarakan pagi, sore dan bahkan dalam keadaan terpaksa juga ada malam hari, kondisi ini berlangsung cukup lama.

Menurut data tahun 1991 secara kuantitas jumlah tenaga pengajar di FKIP telah melebihi seratus orang dengan perincian kualifikasi sesuai dengan jurusan yang ada.

Sejalan dengan kebijakan mendikbud mengenai program studi pada FKIP, pada tahun 1984-1985 beberapa program Diploma I (PMB, Bahasa Indonesia, dan IPA) tidak dibuka lagi dan pada tahun 1986, DII bahasa Indonesia dan matematika ditingkatkan menjadi DIII. Tahun 1987 bidang studi Bimbingan Konseling (BK) tidak lagi menerima mahasiswa baru dan tahun berikutnya FKIP memperoleh kesempatan untuk menyelenggarakan DIII Bahasa Inggris.

Sejak awal berdirinya Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi dari tahun 1983-1991, berikut rincian bidang studi yang dibuka.

  1. Program D1, meliputi; (1) PMP, (2) Bahasa Indonesia, (3) IPA, (4) Matematika
  2. Program D2, meliputi; (1) Bahasa Indonesia, (2) Matematika
  3. Program D3, meliputi; (1) Bahasa Indonesia, (2) Bahasa Inggris, (3) Matematika
  4. Program S1, meliputi; (1) Bahasa Indonesia, (2) Koperasi, (3) Kimia, (4) BK

            Mulai tahun akademik 1991-1992, FKIP dipercaya untuk menyelenggarakan program pendidikan guru sekolah dasar (PGSD) untuk menyiapkan tenaga guru sekolah dasar yang berijazah Diploma II.

 

FKIP ACTUAL

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Jambi (ACTUAL)

Alamat: Kampus Pinang Masak Jl. Raya Jambi-Ma.Bulian KM 15 Mendalo Darat Jambi Kode Pos. 36361

Telp/Faks: 0741-583453

Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

D2SI : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.