Prosedur Operasional Standar (SOP)

Dilihat dari fungsinya, standar operasional prosedur (SOP) berfungsi membentuk sistem kerja & aliran kerja yang teratur, sistematis, dan dapat dipertanggungjawabkan. SOP menggambarkan bagaimana tujuan pekerjaan dilaksanakan sesuai dengan kebijakan dan peraturan yang berlaku; menjelaskan bagaimana proses pelaksanaan kegiatan berlangsung; sebagai sarana tata urutan dari pelaksanaan dan pengadministrasian pekerjaan harian; menjamin konsistensi dan proses kerja yang sistematik; dan menetapkan hubungan timbal balik antar Satuan Kerja. 

     

Pembuatan SOP merupakan salah satu aspek penting untuk menjamin mutu pelaksanaan berbagai bidang kegiatan di lingkungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Hal ini dinilai penting karena SOP adalah pedoman atau acuan untuk melaksanakan tugas pekerjaan sesuai dengan fungsi dan alat penilaian kinerja berdasarkan indikator teknis, administrasif dan prosedural pada unit kerja yang bersangkutan secara profesional, efektif dan efisien.


Dengan adanya SOP, penyelenggaraan pendidikan di lingkungan FKIP dapat berjalan dengan pasti. Berbagai bentuk penyimpangan dapat dihindari atau sekalipun terjadi penyimpangan akan ditemukan penyebabnya dan bisa diselesaikan dengan cara yang tepat. Apabila semua kegiatan sudah sesuai dengan yang ditetapkan dalam SOP, maka secara bertahap kualitas pelayanan FKIP dapat dilaksanakan profesional, cepat dan mudah.

SOP yang ada dilingkungan FKIP Univeristas Jambi meliputi:


SOP pada Program Pendidikan Matematika

1. Kegiatan Belajar Mengajar

2. Bimbingan Skripsi

3. Bimbingan Akademik

4. Program Pengalaman Lapangan

5. Ujian Skripsi

6. Ujian Akhir Semester

7. Praktikum

8. Layanan Administrasi

9. Monitoring dan Evaluasi Internal

10. Seminar Proposal Skripsi

11. Pemeliharaan Sarana dan Prasarana

12. Peminjaman Sarana dan Prasarana

13. Kegiatan Mahasiswa


SOP pada Program Pendidikan Fisika

 

1. Kegiatan Belajar Mengajar

2. Bimbingan Skripsi

3. Bimbingan Akademik 

4. Program Pengalaman Lapangan (PPL)

5. Ujian Skripsi

6. Ujian Akhir Semester

7. Praktikum

8. Layanan Administrasi

9. Monitoring dan Evaluasi

10. Seminar Proposal

11. Kegiatan Mahasiswa